KWN Global Summit 2024 Suarakan Pandangan Anak-Anak tentang Isu Sosial lewat Film

Senin, 28 Oktober 2024 - 15:15 WIB
loading...
KWN Global Summit 2024...
Puncak acara Kid Witness News (KWN) Global Summit 2024, sebuah program video pendidikan global yang diinisiasi oleh Panasonic, sukses digelar di Jakarta belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Puncak acara Kid Witness News (KWN) Global Summit 2024, sebuah program video pendidikan global yang diinisiasi oleh Panasonic, sukses digelar di Jakarta belum lama ini. Acara tersebut menghadirkan para pembuat film muda dari seluruh dunia untuk menampilkan karya kreatif mereka sekaligus berbagi pandangan tentang isu-isu sosial.

KWN Global Summit tahun ini diikuti oleh peserta dari 11 negara dan diselenggarakan serentak secara daring pada Sabtu, 26 Oktober 2024.

KWN Global Summit merupakan ajang yang memberikan kesempatan kepada anak-anak dari tingkat SD, SMP, dan SMA untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam membuat video terkait isu sosial.

Arif Rachmat Gobel, Perwakilan PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya global Panasonic untuk memperkenalkan anak-anak kepada teknologi sekaligus menyediakan platform bagi mereka untuk mengekspresikan pandangan tentang dunia, sekaligus mempertemukan para peserta dari berbagai negara sehingga mereka dapat belajar dari perspektif global.

"Kami percaya bahwa memberikan akses kepada anak-anak untuk menyalurkan kreativitas melalui video bukan hanya mendidik mereka tentang teknologi, tetapi juga meningkatkan pemahaman tentang tanggung jawab sosial. Anak-anak ini bukan hanya mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kerja sama, tapi juga memiliki kesempatan untuk memahami dan membahas isu-isu sosial yang relevan melalui sudut pandang global,” papar Arif.

Sesuai dengan komitmen Panasonic dalam memajukan pendidikan anak-anak, KWN 2024 mengajak siswa untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan komunikasi, dan kerja sama tim melalui produksi video.

Pada acara tahun ini, pemenang dari kategori SMP adalah SMP Al Falah Darussalam dengan video berjudul 14 Days of May. Sementara pemenang kategori SD adalah SD Bhakti YKKP dengan video berjudul Who is to Blame?.

“Kami berharap, program Kid Witness News bisa mendorong anak-anak agar lebih sadar akan lingkungan sosial mereka dan menciptakan karya yang dapat menginspirasi generasi mereka. Di tingkat global, KWN terus berkomitmen untuk mengedukasi generasi muda dengan cara yang kreatif, mendidik, dan bermakna,” ujar Arif.

Sebagai informasi, KWN adalah program yang pertama kali diluncurkan oleh Panasonic di Amerika Serikat pada 1989 dan kini telah menjadi program global yang menjangkau 35 negara. Program ini tidak hanya berfokus pada pengembangan kemampuan teknis, tapi juga meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai isu-isu sosial yang relevan di sekitar mereka.

Hingga saat ini, KWN telah melibatkan lebih dari 10.000 video yang diproduksi oleh siswa di seluruh dunia. Melalui acara ini, siswa tidak hanya belajar tentang pembuatan film, tetapi juga memperoleh kesempatan untuk memperdalam pengetahuan mereka mengenai tanggung jawab sosial dan dampak global dari tindakan mereka.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0683 seconds (0.1#10.140)